Tips Dan Cara Membongkar PC

TOS - Untuk sobat yang ingin mempelajari bagaiamana cara untuk membongkar PC secara rapi dan teratur, ini ada sedikit tips untuk sobat. Pertamanya sobat harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng kembang (+) serta obeng minus(-). Jangan lupa untuk membuatlah diri anda senyaman mungkin dalam membedah PC biar membongkarnya tidak tegang. Hindari membedah PC dalam keadaan menyala karena dapat membahayakan diri anda serta komponen dari komputer anda. Hilangkan muatan statis dari tubuh kita dengan menyalurkan ke bumi, (dinding, lantai) atau memakai gelang anti statis. Setelah anda mempersiapkan yang diatas, sekarang kita melangkah ketata cara atau langkah-langkah yang harus kita lewati.

Berikut langkah-langkah membedah PC :

Pastikan PC anda dalam keadaan mati serta matikan sumber tegangan komputer anda. Lepaskan semua kabel yang mengghubungkan casing dengan komponen luar seperti monitor, speaker, printer (jika ada), scanner (jika ada), mouse, keyboard, joystick (jika ada). Buka casing dan rebahkan diatas permukaan datar. Lepaskan semua kabel power dan kabel data dari drive (FDD, HDD, CD-ROM Drive) dan Motherboard anda kemudian lepaskan semua drive (FDD, HDD, CD-ROM) letakkan secara hati-hati (khususnya Harddisk dan CD-ROM).

Melepaskan kabel pada Motherboard :
Kabel power motherboard, kabel IDE (kabel data pada harddisk 40 pin), kabel data floppy (34pin), kabel power kipas. kabel penghubung motherboard dengan komponen casing(tombol on/off, reset, LED. kabel serial dan paralel. Lepaskan penyangga (tempat memasang motherboard) dan mur dari komponen motherboard dengan casing. Letakkan pada permukaan datar sehingga memudahkan pelepasan komponen motherboard. Hindari memegang bagian belakang dari Motherboard karena dikhawatirkan adanya listrik statis.

Lepaskan komponen motherboard dari slotnya :

1. VGA card (slot PCI atau AGP)

2. Sound card (slot ISA atau PCI)

3. RAM (slot memory)

4. Card lainnya jika ada (TV tuner, Ethernet card, Modem )

Tahap terakhir adalah tahap pelepasan processor (lakukan dengan hati-hati, mintalah bantuan orang lain jika merasa tidak mampu) 

Socket 7
Buka pengunci tempat processor dengan memindahkan tiang kecil dari posisi horizontal sampai posisi vertikal hingga tegak lurus motherboard.

Lepaskan processor tempatnya hati-hati. Jika pengunci tidak terbuka dengan baik akan dapat menyebab kerusakan pada kaki processor.

Slot 1
Tekan pengunci processor pada bagian kanan dan kiri sesuai posisi slot processor.

Jika telah terlepas maka angkat processor keatas.

Sekian Tips dari T.O.S. kali ini, Selamat mencoba.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PC dengan judul Tips Dan Cara Membongkar PC. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://technoonlineshare.blogspot.com/2012/04/tips-dan-cara-membongkar-pc.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonymous - Sunday, April 22, 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Dan Cara Membongkar PC"

Post a Comment