Cara Meningkatkan Kinerja & kecepatan Windows XP

Untuk sobat yang biasa menggunakan Windows XP sebagai OS dalam komputernya, nih ada sedikit tips untuk meningkatkan kinerja & kecepatan OS sobat.. ada banyak cara untuk membuat windows XP anda, beberapa diantaranya yang  bisa anda langsung praktekkan ke milik sobat.. hiyung-hitung sambil belajar... 
  • Jika PC anda memiliki  RAM kurang dari 512 MB, maka sebaiknya tambahkanlah memori anda dulu dengan cara mengupgrade memori. Hal ini secara otomatis dapat meningkatkan kinerja sistem.
  • Pastikan bahwa pengguna OS Windows XP menggunakan sistem file NTFS. Jika Anda tidak yakin, berikut adalah cara untuk check :
    Pertama, Double klik ikon My Computer, klik kanan di C: Drive, kemudian pilih Properties. Selanjutnya, memeriksa jenis File System, jika ia mengatakan FAT32, maka back-up dulu data penting apapun yang tersimpan dalam drive tersebut. Selanjutnya, klik Mulai, klik Jalankan, ketik CMD, kemudian klik OK. Pada prompt, ketik CONVERT C: / FS: NTFS dan tekan tombol Enter.
  • Nonaktifkan pengindeks file. Layanan pengindeksan mengekstraksi informasi dari dokumen dan file lainnya pada hard disk dan membuat sebuah "indeks kata kunci yang dicari." Seperti yang dapat Anda bayangkan, proses ini bisa sangat berat pada sistem apapun. Begini caranya:
    Pertama, klik dua kali ikon My Computer. Selanjutnya, klik kanan pada C: Drive, kemudian pilih Properties. Hapus tanda centang "Allow Indexing Service ke indeks disk ini untuk pencarian file cepat." Selanjutnya, menerapkan perubahan ke "C: subfolder dan file," dan klik OK. Jika pesan peringatan atau error muncul klik tombol Abaikan.
  • Update video PC dan driver chipset motherboard. Juga, update dan mengkonfigurasi BIOS.5.) Kosongkan folder Windows Prefetch setiap tiga bulan atau lebih. Windows XP dapat "prefetch" porsi data dan aplikasi yang sering digunakan. Hal ini membuat proses muncul untuk memuat lebih cepat ketika dipanggil oleh user. Itu bagus. Namun seiring waktu, folder prefetch bisa jadi kelebihan muatan referensi file dan aplikasi tidak lagi digunakan. Ketika itu terjadi, Windows XP akan membuang-buang waktu, dan kinerja sistem akan melambat, dengan pra-beban mereka. Tidak ada yang penting dalam folder ini, dan seluruh isinya aman untuk dihapus.
  • Sekali sebulan, jalankan disk cleanup. Begini caranya:
    Klik dua kali ikon My Computer. Kemudian klik kanan pada drive C: dan pilih Properties. Klik tombol Disk Cleanup - hanya untuk di sebelah kanan grafik Capacitypie dan menghapus semua file temporer.
  • Hapus semua program yang tidak perlu dan / atau item dari Windows Startup rutin menggunakan utilitas "msconfig".
    Begini caranya: Pertama, klik Start-> klik Run, ketik msconfig dan klik OK. Klik tab StartUp, kemudian hapus centang setiap item yang tidak ingin dijalankan saat Windows mulai. Tidak mebgetahui item apa yang ada? Kunjungi Perpustakaan Proses WinTasks. Ini berisi proses sistem yang dikenal, aplikasi, serta referensi spyware dan penjelasan. Atau dengan cepat mengidentifikasi mereka dengan mencari nama file menggunakan Google atau mesin pencari Web.
  • Hapus semua program yang tidak perlu atau tidak digunakan dari Add / Remove bagian Program dari Control Panel.
  • Hilangkan Masukan dari semua animasi yang tidak perlu, dan menonaktifkan desktop aktif. Bahkan, untuk kinerja yang optimal, matikan semua animasi. Windows XP menawarkan berbagai pengaturan di daerah ini. Berikut adalah cara melakukannya: Pertama klik pada ikon System di Control Panel. Selanjutnya, klik pada tab Advanced. Pilih tombol Settings pada kotak Performance. Jangan ragu untuk bermain-main dengan pilihan yang ditawarkan di sini, karena anda tidak  akan dapat mengubah kecepatan dari komputer yang hanya responsif.
  • Silahkan Kunjungi situs Microsoft Windows update secara teratur dan download semua update yang berlabel Critical. Download juga Optional update pada kebijaksanaan Anda & Update anti-virus sesering mungkin, bahkan harian atau mingguan. Pastikan hanya memiliki satu anti-virus paket perangkat lunak diinstal. Mencampur software anti-virus adalah cara yang pasti untuk membuat bencana untuk kinerja dan kehandalan.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Windows XP dengan judul Cara Meningkatkan Kinerja & kecepatan Windows XP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://technoonlineshare.blogspot.com/2012/04/cara-meningkatkan-kinerja-kecepatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonymous - Sunday, April 15, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Meningkatkan Kinerja & kecepatan Windows XP"

Post a Comment